Webinar Munas Ke-5 PKS

Dr.H. Mulyanto, M.Eng. anggota Komisi VII DPR RI fraksi PKS dari Dapil Banten III, yang meliputi Kota Tangerang, Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang, yang akrab disapa Pak MUL yang juga Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI menjadi salah satu nara sumber dalam Webinar Munas Ke-5 PKS pada 24 November 2020 dengan tema Membangun SDM Bangsa yang Berkualitas di Tengah Perubahan Global.

Menurut Mulyanto, yang juga Anggota Majelis Syuro PKS 2020-2025, kita tidak bisa mengandalkan pemerintah sepenuhnya dalam membangun Iptek dan inovasi seperti yang ada hari ini. Sekarang dari aspek anggaran, peneliti dan kelembagaan litbang riset dan inovasi kita lebih dari 80%-nya didominasi oleh Pemerintah. Pelaku riset adalah pemerintah. Karenanya pembangunan Iptek lebih bersifat supply technology push, bukan karena tarikan pasar. Ini tidak alami, karena sejatinya aktor utama inovasi adalah entrepreneur. Untuk itu perlu transformasi struktural pembangunan Iptek dengan memindahkan titik berat gravitasi dari pihak pemerintah ke swasta/industri. Mereka yang lebih faham kebutuhan pasar dan teknologi yang diperlukan.

Dalam kesempatan diskusi yang dihadiri oleh Menristek, Prof. Bambang P. Brojonegoro; Prof. Eko Prasojo, Guru Besar UI; dan Letjen (Purn). M. Munir dari BIN ini, sebanyak 48 ribu pemirsa menyimak dari youtube, FB dam PKS TV.

24/11/2020
Pak MUL

Total Views: 547 ,
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

|| RILIS TERBARU

© Copyrights DR. H. Mulyanto, M.Eng