Mulyanto Minta Pemerintah Fasilitasi Pertamina Akuisisi Blok Masela

Jakarta (22/6) – Sebagai salah satu upaya meningkatkan ketahanan energi nasional, Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, minta Pemerintah memfasilitasi Pertamina mengakuisisi Blok Masela dari Shell.

Pemerintah diharap dapat membantu agar proses akuisi tersebut berlangsung sukses dengan harga yang wajar. Upaya ini penting agar litfting gas nasional semakin meningkat.

“Kalau akuisisi 35 persen participating interest blok Masela ini sukses maka kontribusi Pertamina bagi lifting gas nasional akan semakin besar.

Seat ini kontribusi Pertamina terhadap lifting gas masih di bawah 50 persen, sementara lifting minyak nasional kita sudah dominan di atas 60 persen.

Artinya dengan upaya akusisi tersebut, BUMN migas kita semakin lama semakin menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Ini kan sangat positif sebagai implementasi dari amanat konstitusi,” terang Mulyanto.

Meski begitu Mulyanto mengakui Pemerintah melalui BUMN harus mengeluarkan biaya akuisisi investasi yang tidak sedikit. Dan selanjutnya bersama Inpex mengelola blok masela untuk memproduksi migas dengan berbagai manfaat dan resiko bisnis yang normal ada.

“Secara umum ini adalah kemajuan untuk Pertamina dan kita semua,” harap Mulyanto.

Berita Pak MUL Lainnya

Untuk diketahui, proses akuisisi ini sempat berjalan alot karena Shell menyatakan akan hengkang dari blok Masela namun mereka masih enggan melepas dengan angka penjualan yang wajar.

https://www.google.com/amp/s/wartaekonomi.co.id/amp/read504814/pks-sistem-kompensasi-bbm-saat-ini-terkesan-kurang-transparan

Total Views: 1169 ,
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

|| RILIS TERBARU

© Copyrights DR. H. Mulyanto, M.Eng