Kunjungan Kerja ke Pusat Riset Surfaktan, IPB

Dr.H. Mulyanto, M.Eng. anggota Komisi VII DPR RI fraksi PKS dari Dapil Banten III, yang meliputi Kota Tangerang, Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang, yang akrab disapa Pak MUL hadir bersama rombongan Komisi VII DPR RI melaksanakan kunjungan kerja (kungker) ke Pusat Riset Surfaktan IPB, Bogor, Jawa Barat.

Rombongan diterima oleh Rektor IPB dan hadir Dirjen EBT, Kementerian ESDM, Direksi PLN, dan jajaran pimpinan IPB.

Kungker ini dilaksanakan dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat terkait RUU EBT yang tengah dipersiapkan Komisi VII DPR RI sekaligus untuk mengetahui kemajuan IPB dalam riset energi.

Yang menarik dicatat adalah riset surfaktan MES (metal ester sulfonat) yang dilakukan oleh pusat riset surfaktan IPB ini, karena akan diaplikasikan untuk EOR (enhanced oil recovery) dan IOR (integrated oil recovery).

Riset ini perlu terus didorong untuk bekerja sama dengan Kementerian ESDM atau PT Pertamina, agar dilaksanakan secara lebih massif. Pengalaman sukses PT. Pertamina bekerjasama dengan ITB yang menghasilkan Katalis Merah Putih untuk produksi bio solar B30 patut dicontoh.

Bila surfaktan MES ini sukses untuk aplikasi EOR dan IOR, maka harapan kita untuk mengoptimalisasi produksi sumur-sumur tua melalui teknologi anak bangsa ini menjadi dimungkinkan, dan target 1 juta barel per hari lifting minyak di tahun 2030 ada sedikit harapan.

Ini diangkat Mulyanto saat diskusi dalam forum kungker Komisi VII DPR RI tersebut.

Bogor
4/2/2021
Pak MUL

Total Views: 639 ,
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

|| RILIS TERBARU

DPR Dukung Kapolri Tangkap Ismail Bolong

Jakarta (25/11) – Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, mengapresiasi langkah proaktif Kapolri, Listyo Sigit Prabowo, yang memerintahkan jajarannya menangkap oknum pelaku beking penambangan liar.

Festival Bojong Nangka Tahun ke-2

Info Dapil Pak MUL hadir dalam Festival Bojong Nangka Ke-2 tahun 2022. Festival yang diisi dengan berbagai kegiatan kesehatan, termasuk peresmian Rumah Sehat DPC PKS

© Copyrights DR. H. Mulyanto, M.Eng