WEBINAR : Sistem Perencanaan Nasional

Dr.H. Mulyanto, M.Eng. anggota Komisi VII DPR RI fraksi PKS dari Dapil Banten III, yang meliputi Kota Tangerang, Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang, yang akrab disapa Pak MUL hadir sebagai nara sumber Webinar BK DPW PKS Jawa Barat (14/2/2021).

Sejak terbitnya UU No. 25/2004 tentang Sistem Perencanaan Nasional, maka sistem perencanaan negara kita semakin bersifat:

1. Politis-aspiratif (akomodatif terhadap Platform Presiden/Kada)
2. Teknokratis (ada evaluasi dan rancangan teknokratik Bappenas)
3. Partispatif (adanya konsep Musrenbang, yang berjenjang)
4. Integratif (dimensi ruang, waktu, dan aktor pembangunan)

Semakin baik. Base line anggaran melalui sistem ini disusun selama 5 tahunan, sebelumnya Kementerian/Lembaga harus negosiasi program-anggaran secara tahunan”, lugas Mulyanto yang sebelumnya adalah Sekjen di Kementerian Riset dan Teknologi.

PKS mengadopsi konsep ini dalam Sistem Perencanaan PKS, sebagai bagian dari upaya untuk belajar memimpin bangsa dan Negara.

“Sistem perencanaan yang sudah baik tersebut tinggal kondusif atau tidak implementasinya atau delivery system-nya di lapangan. Karena ada adagium dari prof. Habibie, devil is in detail,” tandas Mulyanto.

Virtual,
14/2/2021
Pak MUL

Total Views: 886 ,
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

|| RILIS TERBARU

DPR Dukung Kapolri Tangkap Ismail Bolong

Jakarta (25/11) – Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, mengapresiasi langkah proaktif Kapolri, Listyo Sigit Prabowo, yang memerintahkan jajarannya menangkap oknum pelaku beking penambangan liar.

Festival Bojong Nangka Tahun ke-2

Info Dapil Pak MUL hadir dalam Festival Bojong Nangka Ke-2 tahun 2022. Festival yang diisi dengan berbagai kegiatan kesehatan, termasuk peresmian Rumah Sehat DPC PKS

© Copyrights DR. H. Mulyanto, M.Eng