PKS Beri Catatan Terkait Rencana Pemerintah Bentuk Direktorat HSSE Di Pertamina

Jakarta (22/3) – Rencana Pertamina membentuk Direktorat Health, Safety, Security and Environment (HSSE) harus dibuat berdasarkan kompetensi dan kapabilitas personal yang mumpuni. Bukan berdasarkan pesanan dan titipan pihak tertentu sehingga tujuan utama pembentukan direktorat ini tidak tercapai.

Demikian kata Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, menanggapi rencana Pemerintah membentuk Direktorat HSSE di Pertamina. Mulyanto menilai hal tersebut sudah seharusnya dilakukan sejak lama. Perusahaan sebesar Pertamina yang sarat risiko jangan sampai mengabaikan potensi risiko.

“Perusahaan tambang yang lebih kecil saja memiliki Direktorat HSSE. Bahkan ada yang secara eksplisit dengan nomenklatur Direktorat Manajemen Risiko dan HSSE. Ini kan merupakan cermin perhatian mereka terkait manajemen risiko,” ujar Mulyanto.

Karena itu Mulyanto mendesak Pertamina segera membentuk direktorat ini dan menguatkan manajemen risiko di lingkungan kerjanya. Diharapkan dengan pendirian Direktorat HSSE ini kondisi zero accident benar-benar terwujud. Jangan seperti sekarang ini yang terjadi kebakaran kilang setiap empat bulanan.

“Kita prihatin bila Pertamina terus menerus mengalami kecelakaan kilang. Sebab hal itu bukan hanya dapat merugikan Pertamina secara material tapi juga nonmaterial. Citra Pertamina di hadapan perusahaan-perusahaan migas dunia akan jelek dan dipandang tidak profesional,” jelas Mulyanto.

Mulyanto berharap pembentukan Direktorat HSSE Pertamina dapat disinergikan dengan unit kerja sejenis sehingga tidak tumpang tindih, termasuk dengan Komite Risiko yang dipimpin oleh Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

“Agar tidak mudah diintervensi pihak manapun Direktorat HSSE Pertamina juga harus diberi standard operational procedure (SOP) yang ketat dan kewenangan yang cukup. Sehingga tugas pengawasan bidang HSSE bisa dilaksanakan secara objektif,” saran Mulyanto.

Berita Pak MUL lainnya

https://www.google.com/amp/s/www.cnnindonesia.com/nasional/20230321113713-32-927697/perppu-ciptaker-jadi-uu-pks-sebut-pemerintah-lawan-putusan-mk/amp

Total Views: 3156 ,
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

|| RILIS TERBARU

© Copyrights DR. H. Mulyanto, M.Eng