Mulyanto: BRIN Agar Buat Hujan Buatan Di Jakarta

Jakarta (25/8) – Untuk mengurangi tingkat polusi di Jakarta, Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, minta BRIN lakukan hujan buatan. Upaya ini sebagai langkah darurat, jangka pendek, untuk mengurangi tingkat polusi yang membahayakan.

Menurut Mulyanto, dengan sarana dan fasilitas yang dimiliki semestinya BRIN dapat menurunkan tim TMC (teknologi modifikasi cuaca) untuk berperan aktif menanggulangi masalah ini.

“Saya yakin Tim TMC BRIN, yang sebelumnya BPPT, bisa melaksanakan tugas tersebut dengan baik. Selama ini Tim TMC BRIN diakui andal dalam merekayasa hujan buatan,” kata Mulyanto.

Selain melakukan upaya jangka pendek yang bersifat darurat, Mulyanto juga minta Pemerintah melakukan program jangka menengah dengan prinsip “penanganan pada sumber” dan “poluter pays”.

Pemerintah harus tegas dalam pelaksanaan uji emisi dan menindak pelaku yang yang jelas-jelas melepas emisi melebihi batas yang diizinkan, baik industri manufaktur, PLTU, pemilik kendaraan bermotor, mall, hotel, rumah sakit, dan pembakaran sampah terbuka.

Terkait dengan hal ini, menurut Mulyanto, 13 poin instruksi Mendagri kepada kepala daerah se-Jabodetabek dalam rangka mengatasi polusi udara sudah bagus dan terstruktur. Tinggal target dan kerangka waktunya saja yang belum jelas.

“Bila langkah tersebut dilaksanakan secara masif dan terukur, harapan kita dalam 1-2 minggu ke depan polusi udara di DKI ini sudah dapat dikurangi,” tegasnya.

Total Views: 2175 ,
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

|| RILIS TERBARU

© Copyrights DR. H. Mulyanto, M.Eng