Kunjungan Kerja ke PLTP Kamojang, Jawa Barat

Dr.H. Mulyanto, M.Eng. anggota Komisi VII DPR RI fraksi PKS dari Dapil Banten III, yang meliputi Kota Tangerang, Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang, yang akrab disapa Pak MUL hadir bersama rombongan Komisi VII DPR RI melaksanakan kunjungan ke PLTP Kamojang, Jawa Barat.

Rombongan diterima oleh Direksi PLN, Presdir Indonesia Power, Direktur Pertamina Geothermal Energy (PGE), Wakil Bupati Bandung, dll.

PLTP ini dirintis sejak zaman Belanda (pemboran pertama tahun 1926), dan diteliti secara intensif tahun delapan puluhan atas bantuan New Zealand. Pada tahun 1982 diresmikan operasi Unit-1 oleh Presiden RI.

Hari ini beroperasi 5 unit PLTP dengan total daya terpasang 235 MW. Uap disediakan seluruhnya oleh PGE. Unit 1, 2 dan 3 dengan total daya terpasang sebesar 140 MW dioperasikan oleh Indonesia Power. Sementara Unit 4 dan 5 dengan total daya 95 MW dioperasikan oleh PGE sendiri. Produksi listrik rata-rata kelima unit PLTP ini sebesar 1752 GWh/tahun yang ditransmisikan ke jaringan PLN Jawa-Bali.

Dalam kesempatan itu didiskusikan aspek keselamatan PLTP Kamojang serta kunjungan lapangan. Komisi VII DPR RI ingin memastikan keselamatan operasi PLTP ini, serta menarik pelajaran dari kasus kecelakaan PLTP di Sumatera Utara.

Kamojang,
28/1/2021
Pak MUL

Total Views: 1108 ,
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

|| RILIS TERBARU

PKS Minta Pemerintah Bentuk Kembali BATAN

Jakarta (9/12) – Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, minta Pemerintah membentuk kembali Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Ia menilai pembentukan badan tersebut perlu karena

© Copyrights DR. H. Mulyanto, M.Eng