Kualitas Roda LRT Bermasalah, DPR Minta Kemenperin Periksa PT. Inka!

Jakarta (30/10) – Menanggapi kabar roda LRT produksi PT. INKA bermasalah padahal baru digunakan, Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto minta Kemenperin turun tangan periksa kebenaran tudingan itu.

Kemenperin harus memeriksa dan lakukan uji kualitas roda LRT yang dianggap gampang aus itu sesuai ketentuan yang ada. Bila tuduhan itu benar maka Kemenperin harus menindak pihak yang menyebabkan kualitas roda LRT tidak memenuhi standar produk. Karena hal ini dapat membahayakan penumpang.

“Sangat mengherankan bila kualitas produk PT INKA seperti yang diberitakan itu. Katanya produk INKA sudah diekspor ke beberapa negara. Bahkan trainset PT INKA pernah digunakan sebagai kereta api commutter line Jakarta-Bogor selama bertahun-tahun tidak bermasalah.

Karena itu pihak Kemenperin harus menurunkan tim memeriksa kebenaran tuduhan itu,” kata Mulyanto.

Mulyanto mendorong Kemenperin dan Kementerian BUMN memeriksa masalah ini. Menurutnya ini masalah besar karena menyangkut keselamatan penumpang. PT INKA selaku BUMN harusnya punya standar produk yang terjaga.

“Kemenperin dan Kementerian BUMN harus mencari tahu biang keroknya. Mengingat, biaya pembangunan LRT ini sudah membengkak dan bermasalah di beberapa bagian,” duga Mulyanto.

Mulyanto minta kasus ini menjadi perhatian serius pemerintah.

“Kita menginginkan produk dalam negeri menjadi tuan rumah di negeri sendiri, namun tidak juga dengan kualitas seadanya,” tegasnya.

Total Views: 2467 ,
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

|| RILIS TERBARU

© Copyrights DR. H. Mulyanto, M.Eng